Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
apa manfaat jalan pagi

Temukan Sekarang! 8 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Anda sedang mencari pilihan olahraga apa yang cocok? Olahraga mudah, murah dan gak ribet? Tentunya ada. Yakni jalan kaki.

Jalan kaki bisa bermanfaat lebih baik bila dilakukan rutin tiap pagi hari. Karena hal itu bisa membuat otak Anda semakin segar, fisik Anda akan aktif dan membangkitkan semangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh apa saja manfaat jalan pagi bagi kesehatan, yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Kulit makin cerah bersinar
Berjalan kaki pagi hari bisa membantu kulit Anda ternutrisi. Biasanya di pagi hari udara masih segar, sedikit polusinya dan sinar matahari yang masih baik karena memiliki vitamin D sehingga bagus untuk kulit.

2. Meredakan gangguan stres
Berjalan kaki saat pagi hari berarti memberikan kesempatan tubuh Anda untuk bergerak di tempat yang suasananya masih tenang. Dampaknya dapat membuat otak Anda juga ikut tenang sehingga mudah dalam berpikir secara jernih.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes
Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya bagi masyarakat dunia. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena denga berjalan kaki pagi hari bisa mengurangi risikonya. Berdasarkan hasil riset, berjalan pagi sekitar 30 menit bisa mengendalikan kadar gula darah dan mengatur insulin terhadap diabetes tipe dua. Selain itu, sel-sel otot akan bergerak dan memakai glukosa lebih banyak, dapat membakar lemak tubuh dan menormalkan Indeks Massa Tubuh.

4. Meningkatkan kualitas metabolisme tubuh
Bila Anda ingin mempunyai sistem metabolisme tubuh yang baik maka disarankan untuk rutin berjalan kaki pagi. Pada saat Anda tidur, proses metabolisme biasanya makin lambar, sehingga sistem itu akan dihidupkan lagi ketika Anda berjalan pagi hari.

5. Organ jantung jadi lebih kuat
Bagi penderita penyakit jantung, tentu saja pilihan olahraga lari tidaklah baik dilakukan. Namun orang tersebut bisa melakukan olahraga jalan kaki. Penelitian dari American Heart Association membuktikan, jalan kaki bisa menolong orang menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke bila dilakukan secara teratur atau rutin.

6. Membangkitkan stamina tubuh
Anda akan merasakan stamina tubuh yang makin baik jika berjalan kaki tiap pagi. Anda akan merasakan kekuatan sepanjang hari tanpa merasa cepat atau terlalu lelah. Itu disebabkan karena hormon endorfin yang “hidup” dan sistem metabolisme pada olahraga jalan kaki pagi.

7. Mampu mengurangi berat tubuh
Apabila Anda sedang memulai program diet atau penurunan berat badan, maka berjalan kaki pagi setiap hari bisa Anda lakukan sekitar 30 sampai 40 menit. Saat berjalan kaki, denyut jantung akan meningkat dan kalori lebih mudah terbakar untuk bisa mengurangi berat badan. Para pakar di Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa, Anda bisa mengurangi berat badan dengan sehat tanpa mengganti diet Anda dengan rutin berjalan kaki secara harian.

8. Memperkecil risiko keguguran
Kajian yang dilakukan oleh National Health Service memperlihatkan bahwa ibu hamil berpeluang besar memperoleh manfaat dari menjalani latihan misalnya jalan kaki pagi hari. Sebabnya, tingkat hormon yang tidak normal dan memicu perubahan tubuh ketika hamil dapat dikendalikan dengan aktivitas olahraga rutin yaitu jalan kaki.