transportasi ramah lingkungan

Transportasi Ramah Lingkungan Dengan Berjalan Kaki

Jalan kaki, kita sudah tahu semuanya dan sering melakukannya. Di dalam ruangan maupun di luar ruangan, kita pastinya berjalan kaki. Inilah yang akan kita bahas kaitannya dengan transportasi ramah lingkungan yang sedang digalakkan oleh beberapa kalangan dan pemerintah untuk mengurangi polusi, kemacetan dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Aktivitas yang satu ini ada banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, mental dan lingkungan.

Khusus pada artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai manfaat jalan kaki untuk lingkungan.

Kita semua tahu sekarang ini banyak sekali pilihan alat transportasi yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Mulai dari jalan kaki, sepeda, motor, mobil, becak, bus, taksi, dan lain sebagainya.

Mungkin jalan kaki sudah mulai jarang orang melakukannya. Karena ada pilihan yang lebih mudah dan cepat yakni motor dan mobil.

Jalan kaki kalau dilihat dari sisi kecepatan memang kalah dari transportasi lain.

Namun, ada kelebihan lain yang ditawarkan dari jalan kaki untuk kesehatan tubuh, mental dan lingkungan.

Semua orang pastinya ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Berbagai cara untuk mendapatkannya mulai dari olahraga, pola makan sehat, tidur yang cukup dan teratur, dan lainnya.

Bagi Anda yang saat ini ingin menjaga kesehatan perlu mencoba aktivitas jalan kaki setiap hari.

Jalan kaki mampu memberikan manfaat bagi kesehatan yang bisa mudah diperoleh karena Anda tak perlu keluar modal banyak. Anda cukup berjalan di sekitar lingkungan Anda dan perlu beberapa waktu sekitar 5-15 menit.

Bila Anda melakukannya, Anda sudah melakukan aktivitas olahraga yang ringan dan mudah.

Jalan kaki santai atau cepat bisa Anda lakukan sesuai dengan kemampuan Anda. Itu bisa dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat kecepatan, durasi waktu, dan jarak tempuh.

Kembali lagi jalan kaki yang erat hubungannya dengan lingkungan, mari kita lihat baik-baik kondisi sekarang ini yang ada di jalanan.

Apakah Anda merasakan udara yang sudah terpapar polusi asap dari transportasi seperti motor, mobil, dan lain-lain?

Ya, tentu saja. Ini kondisi yang mengkhawatirkan bagi kita semua. Karena udara yang bersih sangatlah penting bagi kita sebagai manusia. Yang sejatinya memerlukan asupan oksigen, bukan yang lain.

Padahal dengan banyaknya motor dan mobil malah makin memperparah polusi udara. Karena motor dan mobil selalu memproduksi asap ketika dihidupkan. Parahnya jika kendaraan yang tidak terawat dengan baik dan sudah kadaluwarsa untuk umur sebuah kendaraan, maka asap yang dihasilkan lebih buruk bagi paru-paru manusia.

Untuk masalah transportasi, sebagian orang masih belum bisa melepaskan penggunaan motor atau mobil untuk jarak yang sebenarnya masih bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki.

Ada sebagian orang untuk pergi ke suatu tempat yang berjarak tidak sampai 100 meter masih saja menggunakan motor.

Ini pastinya tidak baik bagi kesehatan lingkungan, karena ada asap yang dihasilkan dan itu sudah mengotori udara yang bersih.

Oleh karena itu, manfaatkanlah kaki kita yang sehat ini untuk berjalan walau untuk jarak sedekat itu. Anda akan membantu lingkungan tetap bersih dari polusi.

Jalan kaki merupakan transportasi murah yang sudah disediakan oleh ALLAH Ta’ala yang nilainya tak terhingga.

Jalan kaki merupakan alat yang luar biasa dan ini anugerah terbesar yang perlu kita gunakan serta bermanfaat bagi lingkungan jika kita menggunakannya, salah satunya untuk berjalan kaki.

Dengan berjalan kaki, tentunya tidak akan menghasilkan asap. Tidak juga mengeluarkan bunyi bising. Kita tahu, suara mesin dan knalpot pada motor dan mobil merupakan suara yang cukup mengganggu ketenangan. Walaupun itu hanya satu buah kendaraan yang lewat di depan kita. Suara yang dihasilkan cukup nyaring di telinga.

Bagaimana jika kendaraan bermotor yang lewat lebih banyak? Anda sudah tahu jawabannya, kan?

Nah, dengan berjalan kaki kita dapat meminimalisir polusi udara dan polusi suara.

Memang jalan kaki ini sudah ada sejak dulu, jalan kaki merupakan gerakan alami dan dasar bagi manusia. Namun, ada saja saat ini orang yang masih enggan berjalan kaki walau untuk jarak dekat.

Ada orang yang malu berjalan kaki. Kenapa harus malu? Apakah jalan kaki itu termasuk perbuatan yang tidak baik? Memalukan?

Jawabannya, tidak. Karena makhluk lain punya keunikan sendiri untuk masalah transportasi seperti burung yang terbang, ikan yang berenang dan lain-lain.

Kita sebagai manusia tentunya tak perlu malu untuk berjalan kaki karena itulah kemampuan yang diberikan oleh ALLAH Ta’ala kepada manusia untuk bisa bergerak berjalan kaki.

Manusia tidak bisa terbang tapi manusia bisa berjalan kaki.

Anda setuju?

Oke, sekarang kita bahas nilai atau harga dari beberapa alat transportasi berikut ini?

1. Dua kaki manusia
2. Motor
3. Mobil

Anda bisa memperkirakan berapa harga alat transportasi ketiga di atas?

Menurut Anda, mana yang lebih berharga atau mahal? Juga mana yang lebih bisa dijadikan sebagai transportasi ramah lingkungan?

Jika Anda sepemikiran dengan kami, maka jawabannya adalah dua kaki manusia.

Kaki kita merupakan elemen penting tubuh yang fungsinya banyak salah satunya untuk berjalan kaki.

Kaki kita jika ingin kuat setiap hari maka disarankan untuk menggunakannya untuk berjalan kaki setiap hari. Lebih bagus lagi jika kaki dilatih dan dibiasakan untuk berjalan jauh, mulai dari 1km, 2km, 3km, dan seterusnya.

Memang pada awalnya Anda akan merasakan capek dan pegal pada kaki Anda ketika memulai pertama kali berjalan kaki jauh. Itu hal biasa. Namun pada saat kaki sudah mulai reda dari sakit dan pegal, maka cobalah lagi untuk berjalan kaki jarak jauh.

Lambat laun Anda akan merasakan perbedaannya, kaki Anda akan kuat jika diajak berjalan untuk jarak jauh.

Kebiasaan Anda untuk berjalan kaki pun dapat membantu tubuh Anda terhindar dari risiko obesitas yang saat ini juga merupakan penyakit yang berbahaya.

Anda tahu bahwa godaan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalori dan lemak sangatlah tinggi, apalagi minuman yang beraneka rasa yang mengandung gula. Itu sangatlah memicu penyakit berbahaya.

Sebagai cara mudah untuk pencegahannya, Anda dapat menjadikan jalan kaki sebagai salah satu gaya hidup sehat harian Anda.

Anda tak perlu pergi ke gym untuk mendapatkan tubuh sehat, tak perlu berolahraga yang mahal dan ribet.

Berjalan kaki setiap hari Anda sudah menemukan obat yang manjur untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun kita tidak boleh melupakan aspek lain seperti menghindari makanan yang tidak sehat, tidak bergadang, tidak merokok, tidak minum alkohol, tidur teratur dan lain-lain.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kemacetan di jalan disebabkan oleh banyaknya kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum?

Fenomena ini membuat kita berada dalam kondisi yang memprihatinkan baik itu dilihat dari kerusakan lingkungan yang sudah parah (polusi), tingkat kecelakaan, dan kemacetan.

Bagaimana solusinya?

Solusi yang kami tawarkan disini memang sudah melalui beberapa pengamatan yang tidak sebentar karena itu Anda sebagai orang yang peduli dengan kesehatan tubuh, mental dan lingkungan pasti sepakat bahwa jalan kaki merupakan salah satu solusi dari masalah yang dihadapi saat ini yakni kemacetan dan polusi.

Adapun solusi yang menjadi tambahan dan ini pun tidak kalah penting dari solusi pertama, yaitu penggunaan angkutan umum.

Mengapa ? Karena angkutan umum dapat menampung banyak orang dalam satu kendaraan, seperti bus, kereta dan pesawat.

Transportasi massal ini pun membantu para pejalan kaki yang ingin menuju tempat yang jauh yang tidak bisa dijangkau oleh kaki karena ingin cepat dan praktis.

Kedua alat transportasi, yakni jalan kaki dan angkutan umum memiliki kesamaan yakni sama-sama ramah lingkungan dan dapat mengurangi kemacetan.

Yang ketiga, adalah penggunaan sepeda. Sepeda merupakan alat transportasi yang juga sangat diminati orang saat ini. Karena sudah banyak pilihan sepeda yang bisa digunakan.

Ini merupakan kesempatan kita untuk memelihara lingkungan tetap sehat. Sebagaimana kita tahu bersama, sepeda tidak menimbulkan polusi asap dan suara.

Jadi, disamping berjalan kaki sebagai transportasi ramah lingkungan dan transportasi dasar manusia, solusi lain untuk lingkungan yang tetap sehat dan minim dari polusi adalah angkutan umum dan sepeda.

Ini tentu saja akan terwujud jika kita sudah sadar akan pentingnya kesehatan tubuh, mental dan lingkungan.

Semua kalangan diharapkan untuk mendukung langkah baik ini agar bumi kita bisa tetap terpelihara dan terhindar dari kerusakan yang membahayakan manusia dan lainnya.

Kita sebagai pejalan kaki walaupun hanya untuk jarak pendek, tentunya perlu fasilitas yang memadai untuk berjalan yakni seperti trotoar yang ramah bagi pejalan kaki. Sehingga aktivitas jalan kaki bisa dilakukan dengan baik dan lancar.

Sebagai informasi penting, jalan kaki dapat mencegah penyakit seperti diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan osteoporosis.
Hal inilah yang perlu ditanamkan dalam diri kita semua agar jalan kaki bisa dilakukan secara rutin dan semangat untuk hidup sehat.

Bandingkan jika seseorang selalu menggunakan kendaraan pribadi, maka terjadi adalah gaya hidup sedentary, yakni gaya hidup yang kurang bergerak yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Pada saat ini memang sangat memprihatinkan kondisi trotoar yang ada di sekitar kita sehingga sulit untuk berjalan kaki. Namun itu tidak akan menghalangi seseorang untuk berjalan kaki.

Kembali lagi kepada manfaat jalan kaki yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, mental dan lingkungan maka seseorang akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa berjalan kaki untuk jarak tempuh tertentu baik itu dekat maupun jauh.

Semuanya adalah niat yang sungguh-sungguh untuk memelihara kesehatan secara umum.

Bila itu sudah tertanam kuat di hati, maka apa yang dilakukan (berjalan kaki) akan berdampak baik pada semua aspek.

Jalan kaki adalah sebuah aktivitas yang bisa dilakukan semua usia, kalangan dan gender.

Maka dari itu, ini merupakan kesempatan besar bagi kita untuk bisa mewujudkan lingkungan yang sehat.

Semoga apa yang disampaikan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan tubuh dan lingkungan serta menerapkan transportasi ramah lingkungan dengan rutin berjalan kaki.

Share